Fiesta Frozen Food

Hari ini adalah UAS dari kuliah ini, pada kesempatan ini topik yang diajukan adalah memilih bisnis yang berjalan di Indonesia yang dapat ‘Go International’

Setelah muter-muter mikir kira-kira bisnis Indonesia yang dapat bersaing saya mendapat ide karena temen saya memberi gorengan Fiesta Frozen Food Spicy Wing dengan rasa super maknyuss. Dan dari sd dulu adalah penggemar chicken nugget nomer 1.

Fiesta Frozen Food

Merupakan pemimpin makanan beku di Indonesia yang memproduksi berbagai macam makanan beku.Stardarisasi yang telah terbukti memudahkan pemasaran pada tingkat internasional. Seperti dibawah ini:

• Pada tahun 2002, memperoleh Sertifikasi ISO 9002 versi 1994

• Pada tahun 2005, memperoleh Sertifikasi ISO 9001 versi 2000 dan HACCP versi Codex sampai sekarang

• Semua merk produk terdaftar pada BPOM (mempunyai MD)

• Nomor Kontrol Veteriner Slaughter No.13-322010-A & TPD (Tempat Pengolahan Daging) No. TPD-36041212-21 dari Departemen Pertanian

Sertifikat Halal dari MUI untuk semua produk

Baru memiliki cabang di area Sumatera, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Indonesia Timur.

Produk Fiesta berasal dari bahan baku pilihan yang diproses dengan mesin modern dan canggih, dan sudah dimasak secara sempurna sehingga terjamin dari segi kesehatan dan higienisitasnya serta tanpa menggunakan bahan pengawet . Rasanya yang mempunyai taste international memudahkan dalam pemasaran dalam skala dunia.

Contoh iklan Fiesta :

The Reason Behind Innovation and Business Model 

Makanan siap saji memiliki demand yang sangat luas karena manusia pada zaman globalisasi ini menjadi sangat produktif dimana ‘Simple Life Style’ menjadi marak. Salah satu penemuan yang sangat membantu dalam kehidupan rumah tangga khususnya pangan adalah makanan siap saji dalam bentuk beku. Makanan ini marak pertama kali dari USA (United States of America) dan mulai merambat hingga Indonesia. Indonesia sekarang telah memiliki produsen makanan beku dengan standard international mempunyai kesempatan yang luas yang menjanjikan

Innovation

Hampir semua negara, frozen food seperti halnya fiesta termasuk kebutuhan utama dalam pangan. Makanan siap saji menjadi pilihan tepat untuk

Value Proposition

Dengan rasa yang dapat dinikmati semua kalangan, dan harga yang terjangkau dengan efesiensi waktu yang tinggi menjadikan kelebihan utama pada fiesta frozen food.

Customer Segments

• Semua umur

Segmen market dari fiesta frozen food mencakup segala umur dan kelas. Karena semua orang membutuhkan makanan siap saji yang mudah untuk diolah dan konsumsi untuk siapa aja.

Distribution Channel

Supermarket


Restaurant

Kios siap saji

Fiesta frozen food dapat didistribusikan dalam jumlah besar melalui supermarket / hypermarket seperti Carrefour, Hero, WalMart, 7 Eleven dll. Restaurant keluarga, kedai siap saji dan sebagainya. Frozen food sangat fleksi ble untuk dipasarkan seluruh penjuru.

Customer Relationship

Frozen Food Foundation

The Frozen Makanan Foundation adalah tidak-organisasi-nirlaba yang berdedikasi untuk mengembangkan penelitian ilmiah, kesadaran publik dan pendidikan industri mengenai atribut gizi dan keamanan makanan beku untuk kepentingan kesejahteraan umum. The Frozen Makanan Foundation berafiliasi dengan American Institute Makanan Beku (AFFI), dan merupakan entitas yang terpisah diselenggarakan menurut pasal 501 (c) (3) dari Internal Revenue Code. Hal ini diatur oleh dewan direktur yang mengawasi baik Dewan Pertimbangan Ilmiah dan staf yang bertanggung jawab untuk operasi sehari-hari yayasan, serta konten yang ditemukan pada website ini. Sumbangan untuk yayasan bersifat tax-deductible sebagai kontribusi amal.

Promo Program Branding di Arisan & Perkumpulan lainnya

Team Primafood saat ini tengah mengadakan promosi program kunjungan ke berbagai macam perkumpulan seperti arisan ibu-ibu, perkantoran, perkumpulan senam sehat dll. untuk mempromosikan produk terbaru sepereti bolognese & fried rice dengan men-demo-kan cara penyajiannya yang diikuti dengan sampling produk tersebut.

Core Capabilities

  • Easy to make
  • Affordable
  • Delectable taste

Dengan rasa yang dapat dinikmati semua kalangan, dan harga yang terjangkau dengan efesiensi waktu yang tinggi menjadikan kelebihan utama pada fiesta frozen food.

Partner

  • Supermarket
  • Bahan di United States terhadap institusi khusus :

America Frozen Food Institute (AFFI) adalah asosiasi perdagangan nasional yang mempromosikan kepentingan semua segmen industri makanan beku. AFFI menyatukan industri yang beragam.

Sesuai dengan distribution channel dalam proses ‘Go International’ adalah Supermarket dan Noodle Shop. Dengan menjadi supplier dari tempat-tempat tersebut maka Indomie akan memiliki konsumen tetap dan siap untuk ekspansi ke negara-negara lain.

Supply Chain / Activity Configuration

  • Event Management
  • Advertising Management
  • Overseas Management
  • Logistics

Fiesta Frozen food membutuhkan  Event Management, Advertising management, Overseas manager dan Logistic untuk ‘Go International’. Dimana produk fiesta akan di ekspor dari Indonesia. Mengapa? Karena cost yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingan Investasi Pabrik pada negara tersebut. Event Management akan mencangkup semua event-event yang ada disetiap negara, contohnya Coachella di California atau Summer-sonic di Jepang.

Advertising Management akan berpengaruh besar pada ekspansi ini, karena tanpa advertising informasi terhadap produk nihil. Overseas manager akan berkerja sebagai strategy manager terhadap ekspansi. Terakhir adalah logistik dimana pendataan akan supply dan demand sangat krusial untuk pemenuhan permintaan.

Salah satu event yang dibuat oleh fiesta dalam rangka promosi.  Sebagai contoh

Mengapa Fiesta mengadakan sewaktu bulan puasa?

Ini tentunya menjadi kesempatan bagi Fiesta karena sangat cocok dengan value proposition yang dibuat. Dibulan puasa buka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu begitupula dengan singkatnya waktu sahur. Kebutuhkan akan efektifitas dan efisiensi waktu ini, dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi Fiesta.

Finance 

Cost Structure

  • Advertising Cost

Karena Fiesta Frozen food akan menjadi brand produk baru, maka diperlukan biaya yang cukup besar agar masyarakat mulai mengetahui dan mencoba Fiesta Frozen Food.

  • Shipping Cost

Biaya dari pengiriman Fiesta Frozen Food ke negara-negara ekspor. Termasuk biaya Refrigerator container yang akan menjamin kualitas produk Fiesta Frozen Food.

  • Expansion Cost

Biaya atas overseas management pada Sector masing-masing, biaya dari tenaga kerja dll.

Revenue Stream

Dengan production cost yang ringan di Indonesia, mass shipping dan standard international telah ditangan dapat menaikan revenue stream dari fiesta frozen food. Mengapa? Karena dapat dijual dengan harga berkali lipat. Dengan rasa yang lezat, Fiesta frozen food mempunyai potensial untuk melebarkan marketnya.

Conclusion

Makanan ini dapat dengan mudah di ekspansi pada pasar International karena telah mendapat sertifikat standard international dengan cap MUI (halal) dimana diluar sana juga mempunyai market muslim yang besar tetapi belum atau baru sedikit yang terjamah. Dengan rasanya yang lezat dan rasa yang terus berkembang, Fiesta frozen food bisa dipasarkan untuk ‘Go International’.

Advertisements

About illonafreddy

as free as a bird, as wise as a monk
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s