Last.fm

Kali ini ada blog tentang business model! sebagai pencinta sejati musik 24/7/365 setahun penuh. Last. fm menjadi pilihan buat dibahas pada blog kali ini.

Last.fm adaalh social networking (seperti facebook, friendster) tetapi berbasis pada entertainment khususnya musik. Ditemukan pada tahun 2002 di United Kingdom, memiliki user lebih dari 40 juta dalam 190 negara. Disinilah pencinta lagu perkumpul dan sharing dengan sesama.

Last.fm menggunakan audioscrobbler untuk mendeteksi lagu-lagu yang sedang diputar oleh usernya. Setelah lagu tersebut di ‘scrobbling’, akan masuk kepada ‘recently played’, untuk lagu yang memiliki playing counts yang tinggi pada ‘Top Artist’ jika user sangat menyukai lagu tersebut dapat dijadikan ‘loved track’ dimana ‘loved track’ akan menjadi pilihan utama user. Kecanggihan lain pada scrobbling ini adalah mendeteksi semua album dan artis yang telah dimainkan oleh user. Sehingga dapat mendeteksi kesamaan lagu dari satu user, ke user yang lainnya yang dinilai berdasarkan low, medium, super dll ). User dapat membuat pengguna dapat membuat stasiun radio dan playlist sendiri dari salah satu track audio di perpustakaan musik Last.fm dan mendengarkan beberapa lagu individual pada permintaan, dan free download. Kita dapat juga streaming musik pada user teman untuk mendengarkan lagu. Beberapa user memberikan rekomendasi lagu untuk sesama user sebagai refrensi lagu baru. Bagi user yang tinggal di luar Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman, layanan radio memerlukan langganan untuk € 3,00 per bulan setelah uji coba 30 lagu gratis.

Sebagai contoh, sebagai user saya dapat melihat profile musik teman saya yang terdapat recently played, top artist, recommendation, and loved track ataupun meng-shout (comment) pada page teman saya. Dari sinilah musik-musik baru berkembang dan menjadi komersial.

Last.fm juga menjadi menyediakan “event” yaitu event-event musik yang berada disetiap negara yang tercakup oleh Last.fm. Hal ini sangat membantu kepada pencinta konser untuk mengetahui jadwal artis bermain di negara masing-masing baik yang berupa konser komersial atau pun ‘undergroud’ konser yang hanya beberapa pihak mengetahui.

Last.fm memperoleh dana dari iklan dan sumbangan. Selain itu dari biaya keanggotaan last.fm untuk subscribe account. Pada subscribe account terdapat kelebihan kelebihan lain seperti tidak ada iklan, dapat membroadcast radio personal dll. Pada tahun 2004 last.fm menerima dana investasi dari Peter Gardner (salah satu bankir investasi).

Last.fm memang belum begitu terkenal seperti myspace.com atau grooveshark, tetapi last.fm mempunyai taste berbeda dengan music networking yang lainnya.

Advertisements

About illonafreddy

as free as a bird, as wise as a monk
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s